06 February 2009

Infaq - Masjid Al Adzkiya - Perum Griya Cendekia

TwitThis

Terinspirasi oleh sebuah artikel yang cukup menarik mengenai 'kebiasaan berinfaq setiap hari'. Mungkin bagi Bapak/Ibu, ini adalah bukan hal yang baru, saya juga sering mendengar mengenai istilah 'jimpitan' dll.Terbersit kata-kata aa Gym katanya mulai dari diri sendiri dan mulai dari yang terkecil, kemudian saya coba implementasikan ide ini di rumah saya sendiri, dengan membuat suatu tulisan yang cukup menarik, dilaminating, digantung dan diikat bersama sebuah celengan kecil yang saya beli di warung.

Media ini saya gantung di ruang tamu, sama sekali tidak mengurangi nilai estetika interior rumah kita, malah menambah nilai-nilai keislaman keluarga kita. Nama metoda ini saya pakai istilah "Tabungan Akherat - Pendidikan Infaq untuk Keluarga Islami", Istilah ini terinspirasi oleh konsep penggalangan dana dari teman di perumahan saya dimana beliau juga sudah mengimplementasikan metoda serupa di lingkungannya terdahulu dan berhasil membangun sebuah masjid yang baik.

Ternyata hampir seisi rumah saya mulai dari saya, istri, mertua, si mbak, dan ponakan saya mengisi kotak tsb, ada yang setiap hari, dua hari, seminggu sekali dengan jumlah yang bervariasi mulai dari Rp. 500, 1000 dst. Termasuk juga terkadang tamu keluarga saya ikut serta mengisi kotak infaq ajaib tersebut.Ternyata saya fikir efektif juga ini kotak infaq ajaib, saya bertanya pada diri sendiri : selama ini kapan saya nyumbang ke masjid ???, paling paling dulu bila ada panitia pembangunan yang datang, kadang-kadang bila sholat jum'at itupun dicari recehan yang kecil, infaq agak besar bila sholat Ied.
Dengan keberadaan kotak infaq ajaib di rumah saya, saya bisa berinfaq lebih sering, tidak memberatkan dan Insya Allah saya merasa lebih ikhlas.Setelah saya obrol-obrol dengan rekan setempat, tanpa saya mengajak mereka pun, mereka antusias untuk melakukan hal yang sama dan meminta tolong saya untuk menyediakan 'media' serupa. Karena pesanan 'media' ini cukup banyak maka saya koordinasikan dengan pengurus masjid setempat. Alhamdulillah sampai tulisan ini diposting, sudah 8 bulan berjalan, sudah lebih dari 200 orang mengikuti program serupa dan sudah sekitar rp. 14 juta dana diperoleh untuk pembangunan masjid.///....

Semoga bisa diterapkan di tempat lain....

4 comment:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Harus perlu dan sangat mungkin untuk kita dukung semua ..salam dari blok garuda.jika ada kegiatan di mesjid ajak ajak dunk..
wassalam

alhakim said...

Subhanallah, bagus sekali idenya :) amal ibadah yang sedikit dan istiqomah itu lebih baik daripada banyak tapi jarang

Anonymous said...

Mana artikel terbarunya mas ? Senang bacanya.

Post a Comment

 

Twitter Blog Templates © Copyright by aa tomy | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks