22 January 2009

Menjadi Orang Paling Baik

TwitThis
Oleh : Eko Jalu Santoso

" Jadilah yang paling baik dari dua orang manusia." - Muhammad RasulullahSAW -Kebanyakan manusia salah dalam mengartikan makna menjadi paling baik dalamhidup ini. Apakah itu dalam hubungan antara dua orang atau lebih dalamkaitannya dengan pekerjaan, bisnis, usaha, persahabatan sampai bertetangga.Banyak orang yang berusaha menjadi paling baik dibandingkan dengan oranglain dengan cara mengalahkannya, merendahkannya atau menyingkirkannya.Banyak juga yang berusaha menjadi lebih baik dibanding orang lain denganukuran penampilan luar atau ukuran duniawi semata, seperti mobil lebihmewah, rumah lebih besar, pakaian dan asesories lebih mahal, dll.

Ada juga orang yang berusaha menjadi paling baik dibandingkan orang lain denganukuran lebih tinggi dalam kedudukan atau pangkat dan jabatan, lebih tinggidibanding lainnya dalam hal kehormatan, kesombongan, popularitas, keegoanpribadi, dll.Kalau mencermati makna sesungguhnya dari rangkaian nasehat bijak MuhammadRasulullah SAW diatas, sesungguhnya bukan hal seperti ini yang menjadi maknaterdalam. " Jadilah yang paling baik dari dua orang manusia" yangdimaksudkan adalah lebih baik dibanding orang lain dalam hal mengutamakankepentingan orang lain.

Menjadi lebih baik dibanding orang lain dalam halmemberikan manfaat bagi orang lain. Lebih baik dalam menjaga kerendahanhati, dalam berbagi kebaikan, dalam kejujuran, menolong orang lain,mengembangkan sikap empati, dalam cinta kasih dan kesetiaan.Kalau kita sebagai pengusaha, jadilah pengusaha paling baik diantara oranglain, dengan cara menjalankan bisnis dengan mengedepankan kejujuran,berorientasi pada memberikan banyak manfaat bagi orang lain, mengutamakankepentingan konsumen, memberikan pelayanan yang baik, dll.Kalau kita sebagai karyawan, berusahalah menjadi paling baik dibandingkandengan orang lain dengan membantu orang lain, memberikan pelayanan lebihbaik, mengutamakan kepentingan orang lain, mengedepankan kejujuran, dll.

Marilah kita renungkan, dalam berbagai bidang kegiatan kita, baik sebagaipengusaha, sebagai karyawan, sebagai keluarga, sebagai pemimpin, sebagaiwarga masyarakat, apakah sudah meneladani sikap seperti ini ?. Berusahalahmenjadi orang paling baik dalam kehidupan ini, bukan hanya diukur daripenampilan duniawi tetapi dari manfaat yang kita berikan dalam kehidupan.Semoga Anda mendapatkan inspirasi dan motivasi pada hari ini.

Sumber: Menjadi Orang Paling Baik oleh Eko Jalu Santoso

1 comment:

Tomy Murdiyanto said...

test

Post a Comment

 

Twitter Blog Templates © Copyright by aa tomy | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks